Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Via RSS Feed?

Jumat, 28 Agustus 2009

Gambaran umum kelistrikan

Banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bahwa listrik sangat memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Banyak hal didapat karena manfaat dari listrik yang begitu besar dalam peradaban manusia itu sendiri. Seperti penemuan-penemuan ilmiah yang banyak ditemukan karena peranan listrik. Listrik terjadi karena adanya beda potensial antara 2 kutub atau 2 titik yang berbeda (Positif + dan Negatif -). Seperti menjelaskan Fenomena alam petir atau kilat yang terjadi akibat perbedaan potensial antara awan yang mengandung ion negative yang lebih banyak dibanding ion Positif, sehingga ion Negatif banyak dilepaskan oleh awan adalah dengan tujuan untuk menyeimbangkan banyaknya jumlah ion diantara keduanya. Sehingga terjadilah yang dinamakan petir yang merupakan bentuk listrik dalam jumlah dan daya yang begitu besar.
Dimensi listrik yang besar selalu dinamakan ar
us kuat atau arus besar, tetapi bila kita berbicara lebih mendalam lagi, terdapat pula listrik dalam dimensi yang kecil atau yang dinamakan arus lemah. Seperti contoh peralatan listrik rumah tangga seperti radio, TV, dll, termasuk kategori arus lemah. Dan instalasi kelistrikan Rumah tangga dapat dikategorikan arus kuat. Terlepas dari semua itu, kita telah tahu bahwa didalam masalah kelistrikan terdapat komponen-komponen penting yang mendukung terhadap fungsi dari kelistrikan itu sendiri.

Banyak alat-alat kelistrikan yang mengandung komponen dasar seperti Resistor, Transistor, Dioda, dll komponen tersebut memiliki fungsi yang spesifik dan berbeda berkaitan dengan tujuan dan kegunaannya. Lebih jauh lagi kita lihat contoh rangkaian radio yang tersusun dari berbagai komponen utama dan telah dirancang secara detail agar memiliki fungsi dan tujuan yaitu dapat merima dan menangkap sinyal.Contoh Pembangkit Listrik
Dewasa ini masalah kelistrikan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari,listrik dapat dihasilkan dari berbagai pembangkit listrik contohnya: PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yaitu dengan cara membangkitkan dengan air yang terletak di bendungan atau waduk.PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) yaitu dengan cara menggunakan uap air yang terletak di dekat sumber panas bumi penghasil uap.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar