Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Via RSS Feed?

Senin, 09 November 2009

Transformator

Transformator adalah alat yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan tegangan arus listrik bolak-balik (AC).Transformator terdiri dari tiga bagian,yaitu:kumparan primer ( sebagai inputnya),kumparan sekunder (sebagai outputnya),dan inti besi untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan.Berikut contoh gambar.




Prinsip Kerja Transformator

Pada saat kumparan primer diberi tegangan arus listrik,perubahan arus pada kumparan primer menimbulkan medan magnet yang berubah,medan magnet yang berubah diperkuat oleh inti besi ke kumparan sekunder,sehingga pada ujung kumparan sekunder akan menimbulkan GGL induksi.
Pada dasarnya antara kumparan primer dan sekunder terbagi menjadi dua jenis,yaitu:

  1. Transformator step down adalah transformator yang mengubah tegangan bolak balik atau tinggi rendahnya suatu arus,transformator jenis ini jumlah lilitan kumparan primer lebih banyak dari pada jumlah lilitan sekunder (Np>Ns).
  2. Transformator step up adalah transformator yang dapat mengubah tegangan bolak balik dari rendah menjadi tinggi,transformator ini mempunyai lilitan kumparan sekunder lebih banyak daripada jumlah lilitan primer (Ns~Np).

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar